Stats

 

Cara Aktifkan SMS Banking dan Cek Saldo Rekening Bank Lewat HP




Kali ini saya ingin mencoba berbagi cara untuk mengaktifkan SMS Banking BRI dan bagaimana cara cek saldo rekening bank BRI melalui SMS di handphone. Mungkin rekan sudah lebih dulu mengenal dan menggunakan fasilitas SMS Banking ini.  Namun tidak ada salahnya saya share kembali dan mungkin cara ini bisa berguna bagi rekan guru yang mempunyai rekening di bank terutama yang menerima tunjangan profesi atau tunjangan fungsional.

Di bulan-bulan ini memang sebagian besar guru sudah menerima SK tunjangan profesinya. Biasanya kalau sudah keluar SKTP, rekan guru akan saling bertanya, uangnya sudah masuk ke rekening belum, atau kalau yang sudah menerima tunjangan untuk triwulan 1 pasti akan mengharapkan kapan dana triwulan dua akan ditransfer dan seterusnya. Mungkin ada beberapa rekan yang dengan telatennya mendatangi kantor bank hanya sekedar mengecek uang sudah masuk ke rekening atau belum. Atau pergi ke ATM hanya sekedar melihat saldo rekening banknya. Nah..dari pada jauh-jauh pergi ke bank atau ATM kenapa tidak cek saldo rekening bank dari HP atau handphone saja, hanya tinggal klik lewat SMS kita sudah bisa tahu jumlah sisa uang di dalam rekening kita. Bagaimana caranya? Ya..dengan memanfaatkan fasilitas SMS Banking. SMS Banking BRI 3300 merupakan salah satu layanan mobile banking melalui sms, yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan layanan perbankan BRI. Melalui SMS Banking BRI 3300, kapan pun dan dimana pun, anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan aman dan leluasa.

Sebelum mencek saldo rekening bank melalui SMS, terlebih dulu kita harus aktifkan SMS Banking  handphone anda. Untuk mengaktifkan SMS Banking BRI, syarat utama kita harus memiliki BRI Card atau ATM BRI, kalau sudah memiliki ATM BRI kemudian pendaftaran SMS banking dapat dilakukan di ATM terdekat dengan cara sebagai berikut...
  • Masukkan kartu ATM BRI anda, pada menu utama ATM BRI pilihlah menu TRANSAKSI LAIN lalu pilih menu REGISTRASI 
  • Kemudian pilih menu SMS Banking dan tulis (masukkan) nomor HP anda. 
  • Kemudian kita diminta memasukkan 6 digit PIN SMS Banking (bukan PIN ATM) 
  • Jika anda melakukan tahapan dengan benar maka akan keluar slip dengan tulisan " anda telah berhasil melakukan pendataan SMS Banking BRI"
Setelah proses pendaftaran atau registrasi SMS Banking BRI selesai, selanjutnya dari nomor hanpdhone anda sudah dapat melakukan cek saldo dengan nomor akses 3300. Tapi registrasi melalui ATM, berlaku hanya berlaku untuk cek saldo saja. Jika menginginkan transaksi lain, misal transfer uang, bayar listrik, bayar telepon, isi ulang pulsa dan lainnya, anda harus melakukan registrasi secara manual di unit kerja BRI.

Jika SMS Banking BRI sudah aktif, kemudian anda dapat cek saldo rekening, transfer uang atau lainnya melalui nomor akses 3300 dengan biaya Rp550,00/transaksi (tarif SMS dapat berubah sewaktu-waktu). Berikut ini contoh format/perintah SMS Banking BRI..

-    Cek Saldo Rekening BRI
Ketik : SALDO[spasi]PIN
Contoh : SALDO 123456 Kirim ke 3300

-    Cara Transfer Uang ke sesama Bank BRI
Ketik : TRANSFER[spasi]NOMOR REKENING TUJUAN[spasi]NOMINAL[spasi]PIN
Contoh : TRANSFER 010105678901011 100000 123456 Kirim ke 3300

-    Cara Transfer Uang ke Bank lain
Misalnya kita akan transfer ke Bank Mandiri dengan kode 008
Contoh : TRANSFER 008010105678901011 100000 123456 Kirim ke 3300

-    Cara Pembelian Pulsa
Ketik : PULSA[spasi]NO.HP[spasi]NOMINAL[spasi]PIN
Contoh : PULSA 0812123456 50000 123456

Dengan SMS Banking dan menghubungi nomor 3300 dari HP, anda tidak akan bertanya-tanya lagi kapan pencairan tunjangan profesi atau kapan pencairan tunjangan fungsional dan tidak perlu jaun-jauh pergi ke kantor bank atau ke ATM. Demikianlah semoga bermanfaat. Terimakasih, salam persahabatan.



Leave a Comment


Converted to Blogger Templates and Blogger Themes for Shoe Shopping | Discount Watch