Cara Membuat Laporan Penggunaan Dana BOS Secara Online

Diposkan oleh Oke Pos



Pada posting cara melaporkan BOS online melalui bos.kemdikbud.go.id, saya sudah jelaskan sedikit tentang caranya, kali ini saya akan jelaskan secara detail mengenai langkah-langkah mengisi laporan penggunaan dana BOS di www.bos.kemdikbud.go.id.

Sebelum melaporkan BOS secara online pastikan bahwa laporan BOS manual sudah selesai dibuat. Mengenai kelengkapan laporan BOS dan format-formatnya yang harus disiapkan oleh sekolah dapat dibaca pada Juknis BOS 2013. Penggunaan dana BOS tahun 2013, mengacu pada 13 komponen yang boleh dibelanjakan oleh sekolah, diantaranya..
1.    Pengembangan Perpustakaan
2.    Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru
3.    Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa
4.    Kegiatan Ulangan dan Ujian
5.    Pembelian bahanbahan habis pakai
6.    Langganan daya dan jasa
7.    Perawatan sekolah
8.    Pembayaran honorarium bulanan
9.    Pengembangan profesi guru
10.    Membantu siswa miskin
11.    Pembiayaan pengelolaan BOS
12.    Pembelian perangkat komputer
13.    Biaya lainnya

Semua pengeluaran dan penggunaan dana BOS, dilaporkan dan direkap dalam format BOS-K7a dan disesuaikan dengan 13 komponen di atas.  Selanjutnya BOS-K7a ini selain dikirim ke Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota, juga dilaporkan secara online di laman www.bos.kemdikbud.go.id.

Nah..berikut ini langkah-langkahnya...

Masuk ke web www.bos.kemdikbud.go.id

Kalau sudah masuk, cari kotak isian (login box:biasanya di sidebar kiri) untuk memasukkan kode registrasi sekolah dan password.
Kode Registrasi Sekolah adalah Kode unik yang diberikan kepada setiap sekolah, dimana tidak akan ada yang sama. Kode ini didapatkan oleh sekolah pada saat telah mengirimkan data Dapodik dan sudah dilakukan verifikasi. Jika tidak mengetahui kode regristrasi, tanyakan pada dinas pendidikan kab/kota setempat, ke petugas dapodik.
Password adalah Kata sandi yang bersifat rahasia sebagai kunci akses masuk ke dalam sistem. Sebelum dilakukan perubahan, password untuk setiap sekolah adalah NPSN dari sekolah masing-masing. Selanjutnya harap segera mengubah passwor tersebut dengan memeilih menu ubah sandi setelah masuk ke sistem.


Setelah kode registrasi dan password dimasukkan dengan benar, tekanlah tombol "Masuk".

Beginilah tampilan awal http://bos.kemdikbud.go.id



Dan di bawah ini tampilan jika anda berhasil login...



Keterangan gambar di atas ...
  1. Dalam layar terdapat format laporan penggunaan dana BOS. Pilih tahun sesuai data yang akan anda masukkan.
  2. Pilih triwulan pada tahun tersebut yang sesuai dengan data yang akan Anda masukan.
  3. Kalau sudah memilih tahun dan triwulan jangan lupa klik tombol ganti.
  4. Selanjutnya Anda lihat tabel penggunaan dana BOS berdasarkan 13 komponen. Untuk memasukkan data, tekanlah tombol "Ubah", jika sudah menekan tombol "Ubah" maka tabel pengisian angka akan menjadi aktif dan siap untuk diisi seperti pada gambar berikut ini...



Setelah selesai mengisi data tekan tombol "Simpan". Data tersebut akan terekam dalam sistem pelaporan. Setelah itu tekan tombol "Kambali".
Untuk keluar dari menu pemasukan data tekanlah "Logout"


Sebagai perhatian, jika anda sudah pernah login, maka otomatis data sekolah akan tersimpan dalam database. Untuk menghindari penggunaan pihak yang tidak bertanggung jawab, silakan ganti password pada menu "Ubah Sandi" pada bagian atas halaman. Jika terjadi masalah silahkan email ke: pelaporan.BOS@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, nomor registrasi dan npsn

Setelah anda memasukkan data penggunaan dana BOS, maka data tersebut sudah dapat dilihat dan diakses oleh publik, cara melihat data rekap penggunaan dana BOS sekolah caranya yaitu ...
-    Menuju halaman rekap dana BOS di www.bos.kemdikbud.go.id/rekap
-    Kemudian pada sidebar kiri, cari dan pilih menu penggunaan dana per komponen, jika ingin melihat data rekap nasional maka pilih "Nasional", jika ingin melihat rekap per provinsi pilih "Provinsi", jika ingin melihat data rekap per kabupaten pilih "Kabupaten/Kota, dan saya sarankan anda langsung saja cek data rekap sekolah dan pilih "Sekolah", kemudian akan keluar tampilan seperti ini...



Pilih saja provinsi, kabupaten/kota, jenjang, sekolah, dan tahun lalu klik tombol "Lihat", jika data penggunaan dana BOS yang anda isi sudah masuk, maka akan terlihat seperti ini



Demikianlah semoga posting ini dapat memberikan kejelasan bagi rekan-rekan yang masih kurang paham dalam mengisi lembar laporan penggunaan dana BOS per komponen secara online. Dan jika anda kesulitan mengakses www.bos.kemdikbud.go.id, silakan kunjungi pada lain waktu. Terima kasih. Salam persahabatan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar